Mahasiswa FKIK UNIB mengikuti seminar dan tour Keliling Kapal USNS Mercy dalam “Pacific Partnership 2018”

Pada hari kamis tanggal 5 april 2018 Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu (FKIK UNIB) berkesampatan mengunjungi Mercy Hospital Ship yang sedang mengadakan kegiatan di Bengkulu. Sebanyak 14 orang mahasiswa mengikuti seminar dan tour keliling kapal USNS Mercy, Kamis 5/4/2018.

Mahasiswa dan Tim US Army di lapangan helipad

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dalam rangkaian kegiatan “Pasific Partnership 2018” setelah sehari sebelumnya sukses melaksanakan seminar tentang Humanitarian Assistance (HA) – Disaster Relief (DR)SMEE bersama Unit Pelaksana dan Layanan Internasional (UPT KSLI) dan Fakultas Ilmu Penetahuan Alam (FMIPA) di ruang rapat utama rektorat UNIB pada tanggal 4 April 2018.

Seminar HA/ DR di Ruang Rapat Utama Rektorat UNIB

Pada seminar tersebut, pemateri yang dihadirkan adalah Janggam Adhityaarma sebagai perwakilan AHA Center, Lucy S Maize dari USAID, Ben Lark dari IFRC, Warren Acunicus dari USAID dan Vivian Deannuntis yang merupakan perakilan UNOCHA.

Kegiatan seminar dan tour keliling kapal ini diikuti oleh lebih dari seratus peserta dari berbagai kalangan profesi kesehatan se-Provinsi Bengkulu, termasuk perwakilan dari Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, RS Kota Bengkulu, Poltekes Kemenkes Bengkulu, dll.

Pada kesempatan tour keliling kapal, mahasiswa dan pengunjung lainnya diajak berkeliling untuk melihat sejarah pembuatan kapal, serta berbagai ruang dan fasilitas kesehatan yang dimiliki oleh Kapal USNS Mercy.

Fasilitas yang ada di USNS Mercy

Selain tour keliling kapal, mahasiswa dan pengunjung lainnya juga mengikuti seminar Aksi Kemanusiaan dan Laporan Kasus Tsunami Aceh 2004 yang disampaikan oleh Lucy S Maize sebagai perwakilan dari USAID

Seminar yang dilakukan di USNS Mercy

Usai melaksanakan seminar dan tour keliling kapal, mahasiswa dan semua pengunjung kapal diperkenankan untuk berinteraksi bersama tentara Amerika dan menikmati makan siang bersama.

Mahasiswa pada saat makan siang di Kapal USNS Mercy

Mahasiwa menyampaikan antusiasmenya dalam mengikuti kegiatan seminar dan tour keliling kapal USNS Mercy. Menurut mahasiswa, kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa.

Mahasiswa bersama Tim Pelaksana dari Mabes TNI AL

Sabtu mendatang (7/4/2018), sepuluh orang mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Bengkulu akan mengikuti kegiatan pelatihan ACLS di RS Kota Bengkulu sebagai salah satu rangkaian kegiatan “Pacific Partnership 2018” yang diadakan atas kerjasama TNI AL dan Tentara Amerika. (VA, EN 2018)

Video Profil

E-Campus

E-Paper Mail Unib E-Learning Unib Blog Portal Akademik Unib Forum

Info UNIB

UNIB Bersama UMK Malaysia dan SBU Philipines Inisiasi Bentuk Jaringan Riset Internasional

SATU lagi upaya dilakukan UNIB dalam rangka meningkatkan pergaulan int [...]

Irjen Kemenristekdikti Tinjau Unit Layanan Terpadu UNIB

KEPALA Bagian Perencanaan dan Pelaporan Inspektorat Jenderal Kementeri [...]

UNIB Tingkatkan Kerjasama dengan University of New England

GUNA mendorong terwujudnya visi menjadi World Class University (WCU) p [...]

Pengunjung

Pranala Luar

Dikti

Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia

Free Medical Journal

Promoting free access to medical journal

Hindawi Pubishing Cooperation

Open Access journals across many areas of science, technology, and medicine

Ikatan Dokter Indonesia

Indonesian Medical Association - organisasi Profesi bagi dokter di seluruh wilayah Indonesia

MDPI – Open Access Publishing

MDPI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute)