Kuliah Umum FKIK : Motivasi Akademik “Perjalanan Menuju Pengabdian”

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan melaksnakan kuliah Umum sebagai pembuka perkuliahan semester genap 2016/2017. Kuliah umum yang dilaksanakan di aula FKIK pada tanggal 8 Februari 2017 menghadirkan narasumber dari Universitas Indonesia, dr. Zunilda Djanun MS, Sepesialis Farmakologi. Tema kuliah kali ini adalah Motivasi Akademik “ Perjalanan Menuju Pengabdian” yang diikuti oleh seluruh mahasiswa S1 kedokteran, Dosen FKIK dan Staf Dosen RSMY Bengkulu.

Wakil Dekan bidang Akademik FKIK UNIB, dr. Enny Nugraheni, M.Biomed dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan kuliah umum ini merupakan upaya untuk menggelorakan atmosfir akademik setiap awal semester.

Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa akan termotivasi melaksanakan perkualiah dengan baik dan penuh semangat, sehingga modul-modul perkualiah yang dilaksanakan pada semester genap ini dapat lulus dengan memuaskan.

“Kita di fakultas kedokteran ini melaksanakan perkualian dengan system Blok PBL (Problem Basic Learning). Setiap mahasiswa harus memiliki semangat dan motivasi yang tinggi sehingga mampu menyelesaikan modul-modul dan lulus dengan hasil yang memuaskan,” ujarnya.

Sementara itu, dalam kuliah umumnya, dr. Zunilda Djanun memaparkan perjalanannya bagaimana menjadi dokter dari tingkat sarjana pre klinik ke Coass / Klinik yang penuh tantangan dan pengorbanan. Dalam Pre klinik terusnya, banyak melahap teori-teori kedokteran dan praktek kedokteran yang harus dilewati dengan penguasaan materi yang maksimal dengan praktek klinik dasar yang cukup menyita waktu.

Menurut dr. Zunilda, jurus jitu untuk lulus kedokteran adalah ulet, rajin dan banyak jalin persahabatan dengan rekan-rekan sejawat maupun dilingkungan luar FKIK. Perkembangan Ilmu Kedokteran yang terus  maju, mahasiswa kedokteran dituntut dapat mengikuti kemajuan itu dengan mampu menguasai kemampuan dokter umum yang utama yaitu dokter keluarga yang mampu menerapkan ilmu dan pembelajaran kesehatan ke pasien bukan dokter pemberi obat.

Dokter Zunilda juga memuji FKIK dengan Lulusan Dokter FKIK universitas Bengkulu yang mampu bersaing dengan Lulusan kedokteran Universitas Lain. Dengan peringkat secara nasional yang cukup ketat dan pernah 3 besar lulusan terbaik. Dia mengharapakan pretasi ini dapat menjadi motivasi tersendiri bagi adek-adek tingkat mahasiswa FKIK untuk dapat mempertahankan maupun meningkatkan prestasi nasional ini.

Kegiatan ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan ke dr. Zunilda Djanun, dan foto bersama pimpinan FKIK dan Seluruh mahasiswa FKIK.

Video Profil

E-Campus

E-Paper Mail Unib E-Learning Unib Blog Portal Akademik Unib Forum

Info UNIB

As SDM Kapolri dan Rektor UNIB Tandatangan MoU

ASISTEN Sumber Daya Manusia (SDM) Kapolri, Irjen. Drs. Arief Sulistyan [...]

20 Mahasiswa Internasional Kuliah Musim Panas Bersama di UNIB

SEBANYAK 20 mahasiswa dari China, Taiwan dan Malaysia, juga dari Indon [...]

Meriahkan HUT Ke-73 RI, DW Persatuan UNIB Gelar Baksos

DHARMA Wanita (DW) Persatuan Universitas Bengkulu ikut berpartisipasi [...]

4000-an Mahasiswa Baru Mengikuti Pengenalan Kampus

SEBANYAK 4079 Mahasiswa Baru Universitas Bengkulu Tahun Ajaran 2018/20 [...]

Pengunjung

Pranala Luar

Dikti

Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia

Free Medical Journal

Promoting free access to medical journal

Hindawi Pubishing Cooperation

Open Access journals across many areas of science, technology, and medicine

Ikatan Dokter Indonesia

Indonesian Medical Association - organisasi Profesi bagi dokter di seluruh wilayah Indonesia

MDPI – Open Access Publishing

MDPI (Multidisciplinary Digital Publishing Institute)