Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UNIB

Sejarah

           Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu (FKIK Unib) merupakan  perguruan tinggi negeri (PTN) di Provinsi Bengkulu yang baru saja berdiri sejak 5 tahun yang lalu. Pendirian fakultas kedokteran ini merupakan kebutuhan daerah akibat kekurangan tenaga dokter yang masih terjadi dan tingginya permasalahan penyakit yang muncul pada masyarakat terutama infeksi tropis. Pendirian ini juga tidak lepas dari keinginan masyarakat Bengkulu secara umum dan Gubernur saat itu secara khusus sebagai semangat otonomi daerah guna mengembangkan pendidikan kedokteran di daerah serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Bengkulu.

            Secara resmi, pendidikan kedokteran dimulai sejak surat izin pendirian program studi dikeluarkan oleh Dirjen Dikti pada Juli 2008 (SK Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi-Departemen Pendidikan Nasional No. 2132/D/T/2008). Melalui persiapan yang teliti dan matang, penerimaan mahasiswa dimulai pertama kalinya pada tahun 2009. Sejak saat itu, penyelenggaraan pendidikan langsung di bawah pengampuan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) melalui kontrak kerjasama selama 5 tahun yaitu mulai tanggal 8 Oktober 2009  hingga 8 Oktober 2014. Kerjasama penyelengaraan pendidikan ini mencakup pengembangan kurikulum dan modul, pengembangan sumber daya serta pengembangan manajemen organisasi.  Saat ini, kerjasama penyelenggaraan pendidikan melalui pengampuan oleh FKUI  telah berakhir namun penyelengaraan pendidikan FKIK Unib belum sepenuhnya mandiri. Kerjasama penyelengaraan pendidikan dengan institusi pendidikan  kedokteran yang mapan  dan  terakreditasi A perlu dilanjutkan untuk mendukung proses penyelenggaraan pendidikan yang memenuhi standar mutu selanjutnya tercapai kemandirian FKIK Unib.

              Sejak awal, penyelengaraan akademik FKIK Unib telah mengikuti kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan pendekatan SPICES. Melalui proses pengampuan, selama ini kegiatan akademik sepenuhnya diterapkan sesuai dengan penyelenggaraan akademik yang berjalan di institusi pengampu baik kurikulum maupun modul pembelajaran. Secara bertahap, penyelenggaraan akademik ini dapat dilakukan secara mandiri oleh FKIK Unib melalui pengembangan kurikulum dan modul sendiri hingga pengembangan modul lokal yang bercirikan sosiodemografi wilayah Bengkulu. Tidak hanya pada pengembangan akademik, sejak awal pengembangan manajemen organisasi telah dikelola secara mandiri hingga terbentuknya fakultas pada Juli 2013. Penyediaan sarana prasarana pendidikan di kampus FKIK Unib juga secara perlahan telah disediakan secara mandiri dan telah tercukupi dengan baik.